10 Prospek Kerja Teknik Sipil dengan Gaji yang Tinggi

10 Prospek Kerja Teknik Sipil dengan Gaji yang Tinggi
sumber : freepik.com

10 Prospek Kerja Teknik Sipil dengan Gaji yang Tinggi – Teknik Sipil merupakan salah satu jurusan favorit di seluruh universitas di Indonesia. Teknik Sipil sangat berhubungan dengan bangunan, dan pembangunan di seluruh dunia akan terus mengalami pertumbuhan dari tahun ke tahun, oleh karena itu jurusan teknik sipil memiliki prospek kerja yang sangat bagus untuk beberapa tahun ke depan.

Insinyur sipil memahami, merancang, membangun, mengawasi, mengoperasikan, membangun, dan memelihara proyek dan sistem infrastruktur di sektor publik dan swasta, termasuk jalan, bangunan, bandara, terowongan, bendungan, jembatan, dan sistem pasokan air dan pengolahan limbah. Banyak insinyur sipil bekerja dalam perencanaan, desain, konstruksi, penelitian, dan pendidikan.

10 prospek kerja teknik sipil

Berikut adalah detail dari prospek kerja teknik sipil yang harus kalian tau!

#1 Surveyor Kontrol Bangunan

Bekerja dalam peran surveyor kontrol bangunan, Anda akan memastikan bahwa peraturan bangunan diikuti ketika rumah, kantor dan bangunan lainnya dirancang dan dibangun dan ketika diubah, diperpanjang atau dikonversi.

Jika bangunan tampak tidak memenuhi persyaratan peraturan bangunan, Anda akan disarankan untuk mencari solusinya. Pada proyek yang kompleks, Anda mungkin terlibat pada tahap pra-aplikasi untuk mengomentari masalah desain dan keselamatan dan menyarankan proses alternatif untuk mengurangi risiko penundaan dan menghemat biaya.

Gaji Surveyor kontrol bangunan kurang lebih adalah 7 juta per bulan.

Baca Juga : Informasi Mengenai perkuliahan Teknik Sipil

#2 Teknisi CAD

Prospek kerja teknik sipil selanjutnya adalah menjadi Seorang teknisi CAD, juga dikenal sebagai perancang, menggunakan perangkat lunak CAD untuk membuat gambar dan rencana teknis – juga dikenal sebagai perancang – untuk produk dan suku cadang yang digunakan dalam industri teknik, konstruksi dan manufaktur.

Anda akan bekerja dengan arsitek dan insinyur desain untuk memahami persyaratan desain awal mereka dan mengubahnya menjadi gambar teknis yang akurat dan terperinci dalam model 2D dan 3D. Gambar-gambar ini digunakan pada semua tahap proyek, dari memperkirakan biaya dan kelayakan untuk membuat cetak biru untuk pembuatan dan instruksi untuk pemasangan.

Gaji seorang Teknisi CAD mulai dari 5 juta per bulan.

#3 Konsultan

Prospek kerja teknik sipil selanjutnya adalah Konsultan. Insinyur sipil terlibat dengan desain, pengembangan, dan konstruksi sejumlah besar proyek di lingkungan yang dibangun dan alami. Peran mereka penting untuk memastikan penyelesaian proyek yang aman, tepat waktu, dan bersumber daya baik di banyak bidang.

Bekerja sama dengan klien, Anda akan merencanakan, mengelola, merancang, dan mengawasi pembangunan proyek. Anda akan bekerja di sejumlah pengaturan berbeda dan, dengan pengalaman, dapat menjalankan proyek sebagai manajer proyek.

Gaji dari Konsultan Insinyur Sipil bisa mencapai 30 juta per bulannya.

Baca Juga : 10 Alasan Kenapa Kamu Harus Memilih Teknik Sipil

#4 Kontraktor

Prospek kerja teknik sipil selanjutnya adalah mejadi kontraktor. Kontraktor insinyur sipil mengubah rencana konsultasi insinyur sipil (desainer) menjadi kenyataan. Mereka mengawasi konstruksi aktual di lapangan dan bekerja bersama para insinyur konsultan. Semua insinyur sipil membutuhkan pemahaman yang baik tentang proses desain dan konstruksi, serta masalah kesehatan dan keselamatan.

Sebagai insinyur kontraktor Anda akan menggunakan keahlian profesional Anda untuk mengatur sumber daya manusia dan material di lokasi, dan memastikan bahwa proyek berjalan sesuai waktu dan anggaran dan aman untuk dikerjakan. Meskipun lebih umum dilakukan oleh seorang insinyur konsultan, seorang insinyur kontrak kadang-kadang akan menyusun desain dan membangun tim sendiri.

Gaji dari Kontraktor Insinyur Sipil adalah sekitar 40 juta per bulannya.

#5 Insinyur Desain

Prospek kerja teknik sipil selanjutnya adalah mejadi Insinyur desain. Insinyur desain menggunakan pengetahuan teknis, keahlian matematika dan keterampilan desain untuk menciptakan solusi inovatif untuk berbagai masalah di berbagai industri.

Gaji Insinyur Desain berkisar antara 5-6 juta per bulan.

#6 Estimator

Prospek kerja teknik sipil selanjutnya adalah mejadi Estimator. Jika Anda suka bekerja dengan angka sebanyak yang Anda suka bertemu dan bernegosiasi dengan orang-orang dan pemasok, peran estimator bisa menjadi sempurna untuk Anda

Estimator menyusun penilaian tentang berapa biaya untuk menyediakan produk atau layanan kepada klien, atau klien potensial.

Merupakan tugas estimator untuk mempertimbangkan semua informasi terkait tentang setiap proyek pembangunan dan memutuskan berapa biayanya untuk memenuhi kebutuhan klien.

Mereka kemudian harus menawar untuk pekerjaan bersama pesaing. Kualitas juga dipertimbangkan di samping harga, sehingga tawaran yang menang tidak selalu yang termurah.

Estimator tidak hanya perlu menyerahkan biaya anggaran dan analisis, tetapi mereka sering mengirimkan laporan kualitas juga, yang mungkin telah mereka bantu tulis.

Seorang Estimator mendapatkan gaji sebesar 4 juta per bulannya.

#7 Insinyur Nuklir

Prospek kerja teknik sipil selanjutnya adalah mejadi Insinyur Nuklir. Sebagai insinyur nuklir Anda akan merancang, membangun, menjalankan atau menonaktifkan stasiun tenaga nuklir. Anda akan bekerja dalam tim multi-disiplin untuk menghasilkan solusi teknis.

Tergantung pada peran Anda, Anda dapat merancang sistem yang benar-benar baru, mempertahankan sistem yang ada, atau mencari cara untuk meningkatkan efisiensi, stabilitas, dan keberlanjutan pembangkit listrik tenaga nuklir.

Gaji yang diterima Insinyur Nuklir mulai dari 20 juta per bulannya.

#8 Insinyur Lapangan

Prospek kerja teknik sipil selanjutnya adalah mejadi Insinyur Lapangan. Sebagai seorang insinyur lokasi, input Anda untuk proyek-proyek konstruksi adalah teknis, organisasi, dan pengawasan.

Anda akan menetapkan dan menentukan lokasi untuk instalasi infrastruktur, baik di atas maupun di bawah tanah, dan akan menerapkan desain dan rencana untuk menandai situs. Anda juga akan berbagi tanggung jawab untuk keamanan situs, kesehatan dan keselamatan dan organisasi serta pengawasan materi dan sumber daya manusia.

Gaji yang diterima seorang Insinyur Lapangan adalah sekitar 7 Juta per bulannya.

#9 Insinyur Struktural

Prospek kerja teknik sipil selanjutnya adalah mejadi Insinyur Struktural. Insinyur struktural adalah inovator kreatif yang menggunakan pikiran teknis mereka untuk merancang struktur, menyelesaikan masalah dan membentuk dunia di sekitar mereka

Sebagai insinyur struktur, Anda akan merancang struktur untuk menahan tekanan dan tekanan yang dikenakan melalui kondisi lingkungan dan penggunaan manusia.

Anda akan memastikan bangunan dan struktur lainnya tidak membelokkan, memutar, bergetar berlebihan atau runtuh dan mereka tetap stabil dan aman selama penggunaannya. Anda juga akan memeriksa bangunan dan struktur yang ada untuk menguji apakah strukturnya bagus dan masih cocok untuk tujuan tertentu.

Seorang Insinyur Struktur akan mendapat gaji kurang lebih 7 juta per bulan.

#10 Insinyur Air

Prospek kerja teknik sipil selanjutnya adalah mejadi Insinyur air atau biasa disebut water engineer. Karier sebagai insinyur air mungkin menarik bagi Anda jika Anda ingin menyelesaikan masalah dalam pemanasan global, infrastruktur yang menua, pertumbuhan populasi dan kualitas standar hidup

Anda dapat bekerja dengan berbagai cairan berbeda tetapi umumnya akan berurusan dengan penyediaan air bersih, pembuangan air limbah dan air limbah dan pencegahan kerusakan akibat banjir.

Gaji Insinyur Air kurang lebih 5 juta per bulannya.

Demikian Informasi mengenai Prospek Kerja Teknik Sipil dan Range Gaji nya, dan Semoga artikel ini bermanfaat untuk teman-teman.

5 thoughts on “10 Prospek Kerja Teknik Sipil dengan Gaji yang Tinggi”

Leave a Comment