Jurusan Arsitektur – Perkuliahan dan Prospek Kerja

Hello guys, kali ini blog calonmaba akan meriview salah satu jurusan favorit di indoensia, yaitu jurusan Arsitektur. jangan lupa buat baca sampai akhir ya guys.

jurusan arsitektur
Jurusan Arsitektur – Perkuliahan dan Prospek Kerja

Jurusan Arsitektur Adalah?

Jurusan Arsitektur, juga dikenal sebagai teknik bangunan atau teknik arsitektur, adalah teknik yang berhubungan dengan aspek teknologi dan pendekatan multi-disiplin untuk perencanaan, desain, konstruksi dan operasi bangunan, seperti analisis dan desain terpadu sistem lingkungan (konservasi energi) , HVAC, pipa ledeng, penerangan, proteksi kebakaran, akustik, transportasi vertikal dan horizontal), sistem struktural, perilaku dan sifat-sifat komponen dan bahan bangunan, dan manajemen konstruksi.

Selain berhubungan dengan teknik, di dalam jurusan arsitektur, mahasiswa dibekali dengan ilmu seni dan manajemen keuangan yang berfungsi agar bangunan yang dibangun nanti memiliki pondasi yang kokoh, bentuk yang indah, dengan pengeluaran yang seminimal mungkin.

Alasan Memilih Jurusan Arsitektur?

  • Prospek karir terus berkembang seiring dengan berkembangnya pembangunan di indonesia
  • Terdapat rasa bangga ketika telah menyelesaikan sebuah proyek
  • Kamu akan dibekali banyak skill seperti, teknik konstruksi, negosiasi, estetika, dan finansial..
  • Perkuliahan lebih bebas dibandingkan jurusan yang lainnya
  • Bebas mengekspresikan diri sendiri kedalam karya-karyanya

Skill Yang Akan Dipelajari

Kemampuan analisis.

Arsitek harus memahami konten desain dan konteks pembuatannya. Sebagai contoh, arsitek harus memahami lokasi sistem mekanis dan bagaimana sistem tersebut mempengaruhi operasi bangunan.

Kemampuan berkomunikasi.

Arsitek berbagi ide-ide mereka, baik dalam presentasi lisan maupun tulisan, dengan klien, arsitek lain, dan pekerja yang membantu mempersiapkan gambar. Banyak juga yang memberikan presentasi untuk menjelaskan ide dan desain mereka.

Kreativitas.

Arsitek mendesain tampilan keseluruhan rumah, bangunan, dan struktur lainnya. Karena itu, produk akhir harus menarik dan fungsional.

Kemampuan organisasi.

Arsitek sering mengelola kontrak. Oleh karena itu, mereka harus menyimpan catatan terkait dengan rincian proyek, termasuk total biaya, bahan yang digunakan, dan kemajuan.

Keterampilan teknis.

Arsitek perlu menggunakan teknologi CADD untuk membuat rencana sebagai bagian dari membangun pemodelan informasi (BIM).

Keterampilan visualisasi.

Arsitek harus dapat membayangkan bagaimana bagian-bagian struktur saling berhubungan. Mereka juga harus dapat memvisualisasikan bagaimana keseluruhan bangunan akan terlihat setelah selesai.

Prospek Kerja

Jika Anda telah mempelajari gelar arsitektur, Anda akan telah mengembangkan berbagai keterampilan kreatif, visual, praktis dan berbasis desain yang sangat diinginkan untuk ditawarkan kepada para pengusaha. Meskipun sebagian besar lulusan arsitektur akan mencari untuk menjadi arsitek sewaan untuk berlatih secara profesional, ada banyak pilihan lain untuk Anda pertimbangkan.

Berikut adalah prospek kerja jurusan arsitektur yang harus kamu ketahui :

  • Arsitek
  • Surveyor
  • Teknisi CAD
  • Desainer interior dan spasial
  • Desainer Perkotaan
  • Drafter (Konseptor)

Jurusan Terkait

Kampus Terbaik Jurusan Arsitektur

Bagi kamu yang ingin menjadi mahasiswa jurusan arsitektur, jangan bingung. Karena di Indonesia banyak kampus-kampus top yang bisa kamu pilih untuk menjadi tempat belajarmu selanjutnya.

Informasi Jurusan lain :

Leave a Comment