Jurusan Teknik Industri – Perkuliahan dan Prospek kerja

Oke guys, kali ini kita akan membahas salah satu jurusan favorit calonmaba karena menawarkan prospek kerja di berbagai sektor industri, siapa lagi kalau bukan jurusan teknik industri. Pembahasan menyeluruhnya dapat kamu baca dibwah ini yaaaaaa

prospek kerja jurusan teknik industri
jurusan teknik industri – perkuliahan dan prospek kerja

Jurusan Teknik Industri Adalah?

Jurusan Teknik Industri adalah jurusan yang mempelajari bagaimana menyelesaikan suatu pekerjaan dengan lebih efisien dan lebih sedikit membuang waktu, sumber daya, uang, tenaga, dan energi dengan tetap mengikuti standar dan peraturan keselamatan. Intinya Efisien, efektif, dan sesuai protokol.

Kenapa Harus Jurusan Teknik Industri?

Bagi calonmaba, pasti sudah tahu berbagai macam jurusan teknik di perkuliahan seperti, teknik sipil, teknik kimia. Tapi kenapa harus memilih teknik industri? Apa bedanya dari jurusan teknik yang lain? Berikut Jawabannya :

  1. Dapat bekerja di berbagai sektor industri. Seperti yang diketahui banyak orang, lulusan jurusan ini ada hampir di setiap industri saat ini seperti manufaktur, ritel, teknologi, hardware, kesehatan, dan masih banyak lagi
  2. Kombinasi keterampilan teknis dengan kecerdasan bisnis. Dengan dua aspek komplit tersebut, kamu dapat memahami suatu industri dan bagaimana cara untuk mengembangkannya.
  3. Paham tentang “Big Data”. big data adalah bidang yang sangat berkembang dan banyak perusahaan ingin membuat keputusan bisnis yang lebih baik dengan memanfaatkan potongan data yang kompleks.
  4. Fokus pada proses. Bagi kalian yang suka dengan adrenaline dan proses, jurusan ini sangat cocok untuk kalian.
  5. Belajar teknik industri sangat flexible. Kamu bisa memilih untuk fokus pada hal-hal teknis atau lebih fokus pada hal-hal yang berkaitan dengan manajemen.

Skill Yang Akan Dipelajari

  • Kreativitas
  • Kemampuan Berfikir Kritis
  • Keterampilan Matematika
  • Kemampuan Memecahkan Permasalahan
  • Keterampilan Menulis, mendengarkan, dan berbicara di dalam tim
  • Keterampilan Manajemen
  • Keterampilan melakukan analisis
  • Berfikir jauh ke depan
  • Dapat bekerja di dalam tim

Perkuliahan

Di jurusan Teknik Industri, kamu akan diberikan materi dan praktek agar kamu memiliki kemampuan mendesain, menginstal, memperbaiki, dan mengintegrasikan sistem industri, serta kemampuan untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas, dan produktivitas dalam sistem industri.

Pada jenjang sarjana, Program studi ini dapat diselesaikan 144 SKS ( Satuan Kredit Semester ) dan biasanya diselesaikan dalam jangka waktu 8 semester atau 4 tahun lamanya.

Beberapa mata kuliah yang akan ditempuh adalah Perancangan tata letak fasilitas, ergonomi, kalkulus, Proses Manufaktur, Rekayasa dan Desain, Ekonomi Industri, dan Basis Data.

Prospek Kerja

Fleksibilitas insinyur industri memungkinkan mereka untuk terlibat dalam aktivitas yang berguna untuk berbagai bisnis, pemerintah, dan organisasi nirlaba.

Insinyur industri akan sangat dibutuhjan diberbagai sektor industri karena industri di berbagai bidang berusaha untuk mengendalikan biaya dan memaksimalkan efisiensi, dimana hal tersebut adalah spesialisasi dari lulusan jurusan teknik industri.

Berikut adalah daftar karier yang bisa kamu pilih :

Lingkungan Pekerjaan

Berikut adalah presentase sektor dimana insinyur industri bekerja :

Manufaktur peralatan transportasi 18%
Manufaktur komputer dan produk elektronik 13%
Layanan profesional, ilmiah, dan teknis 12%
Manufaktur mesin 8%
Pembuatan produk logam fabrikasi 5%

Bergantung pada tugas mereka, insinyur industri bekerja di kantor atau di lingkungan yang ingin mereka perbaiki. Misalnya, saat mengamati masalah, mereka mungkin menyaksikan para pekerja merakit suku cadang di sebuah pabrik. Saat memecahkan masalah, insinyur industri mungkin berada di kantor di komputer tempat mereka menganalisis data yang telah mereka atau orang lain kumpulkan.

Jurusan Terkait

Universitas Terbaik Jurusan Teknik Industri

Bagi calonmaba yang bingung memilih universitas, mungkin daftar dibawah ini bisa dijadikan referensi :

  1. INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER (ITS)
  2. INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG (ITB)
  3. UNIVERSITAS GAJAH MADA (UGM)
  4. UNIVERSITAS INDONESIA (UI)
  5. UNIVERSITAS DIPONEGORO (UNDIP)
  6. UNIVERSITAS SEBELAS MARET (UNS)
  7. UNIVERSITAS ANDALAS (UNAND)
  8. UNIVERSITAS SURABAYA (UBAYA)
  9. UNIVERSITAS SUMATERA UTARA (USU)
  10. UNIVERSITAS BRAWIJAYA (UB)
  11. UNIVERSITAS TELKOM (TEL-U)
  12. UNIVERSITAS TRISAKTI
  13. UNIVERSITAS ATMA JAYA JOGJAKARTA
  14. UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA
  15. UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
  16. UNIVERSITAS BINA NUSANTARA

sebenarnya masih banyak universitas bagus untuk jurusan teknik industri, tapi takutnya kamu nanti kebingungan, jadi cukup diatas aja ya hehehe.

Jangan lupa untuk membaca artikel-artikel yang lain yaa

Informasi Jurusan lain :

 

Leave a Comment