7+ prospek kerja Jurusan Teknik Kimia dengan Karir bagus

Oke guys, kali ini kita akan membahas tentang berbagai informasi seputar jurusan teknik kimia. Mulai dari definisi hinggga prospek kerjanya, pokoknya semuanya kita bahas disini.

prospek kerja jurusan teknik kimia
Jurusan Teknik Kimia – Perkuliahan dan Prospek Kerja

Jurusan Teknik Kimia Adalah?

Jadi kita mulai dari definisi nya terlebih dahulu. Jadi, Jurusan Teknik Kimia adalah jurusan gabungan dari ilmu fisika, biologi, kimia, matematika, biokimia, mikrobiologi, hingga ekonomi.

Di dalam pembelajarannya, temen-temen akan diajarkan bagaimana cara memproses suatu barang mentah menjadi barang setengah jadi atau barang jadi yang memiliki nilai valuasi lebih tinggi. Jadi intinya pada proses, progress, dan valuasi.

Kenapa Harus Teknik Kimia ?

Dari banyaknya jurusan yang ada di universitas, bahkan yang favorit seperti kedokteran, akuntansi, arsitektur, teknik sipil, dan yang lainnya, kenapa sih kita harus milih jurusan teknik kimia? Apa istimewa nya? temukan jawabannya dibawah ini :

  1. Menguasai banyak keterampilan. Kamu akan mendapatkan berbagai ilmu dan keterampilan seperti yang aku jelasin di definisi diatas
  2. Prospek kerja sangat luas. Dengan banyaknya keterampilan yang dimiliki, kamu memiliki kesempatan untuk bekerja di banyak sektor pekerjaan.
  3. Peluang masuk industri oil and gas cukup besar. Hal ini dikarenakan terdapat banyak proses kimia di dalam industri oil and gas yang membuat peluang mu bersaing cukup besar.
  4. Membuat perubahan. Kamu bisa menciptakan perubahan untuk mengatasi masalah yang disebabkan oleh pabrik kimia
  5. Gaji tinggi. Lulusan teknik kimia kebanyakan akan menempati posisi penting dalam suatu perusahaan atau pabrik, jadi jangan terlalu khawatir tentang gaji.
  6. Pesaingnya sedikit. Tidak banyak universitas di Indonesia yang membuka program studi Teknik Kimia, sehingga sainganmu saat mencari kerja lebih sedikit hehe.

Skill yang akan dipelajari

  • Kemampuan Memecahkan Permasalahan
  • Kreativitas
  • Keterampilan Matematika
  • Kecerdikan
  • Solutif
  • Kemampuan Analisis
  • Kemampuan Bekerja dalam Tim
  • Kemampuan Bekerja dibawah Tekanan

Prospek Kerja

Dengan banyaknya ilmu yang dipelajari di teknik kimia, maka mahasiswanya akan memiliki banyak keterampilan.Sehingga akan ada berbagai macam industri yang menggunakan jasa insinyur kimia, termasuk industri energi, farmasi, dan teknologi informasi.

Peran ini akan melibatkan pengembangan proses yang ada dan menciptakan metode baru untuk mengubah bahan. Ada juga sektor dan karir lain yang memanfaatkan keterampilan yang dikembangkan dalam gelar teknik kimia – termasuk jaminan kualitas, manufaktur, dan konsultasi.

Berikut adalah prospek kerja mahasiswa lulusan teknik kimia.

Materi yang diajarkan

Materi utama teknik kimia yang diajarkan meliputi mekanika fluida, perpindahan massa dan panas, teknik pemisahan bahan, termodinamika, desain pabrik, sistem proses, ekonomi proses, analisis proses, dan operasi proses.

Materi lainnya dapat mencakup teknik biokimia, ilmu koloid dan antarmuka, manajemen teknik, lingkungan, teknik makanan, proses makanan, bahan bakar fosil, penyerapan dan adsorpsi gas, pengolahan limbah cair, ilmu membran, ilmu nano, energi nuklir, petrokimia, pengembangan proses farmasi, reaksi rekayasa, desain reaktor, rekayasa keselamatan dan bahaya, rekayasa berkelanjutan dan pengelolaan limbah.

Jurusan Terkait

Universitas Terbaik Teknik Kimia

INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG

INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER

UNIVERSITAS INDONESIA

UNIVERSITAS GAJAH MADA

UNIVERSITAS SEBELAS MARET

UNIVERSITAS DIPONEGORO

UNIVERSITAS SUMATERA UTARA

UNIVERSITAS SRIWIJAYA

UNIVERSITAS SURABAYA

UNIVERSITAS SYAH KUALA

UPN VETERAN JAWA TIMUR

UNIVERSITAS KATHOLIK PARAHYANGAN

Informasi Jurusan lain :

Leave a Comment