Jurusan Teknik Mesin – Perkuliahan dan Prospek kerja nya

Hello guys, balik lagi di blog calonmaba yang bakal kasih tau kamu informasi seputar dunia perkuliahan dan kerja. Kali ini kita akan membahas jurusan yang identik dengan laki-laki dan bengkel, yaitu jurusan teknik mesin. Langsung aja cari jawaban atas pertanyaanmu dibawah ini.

prospek kerja jurusan teknik mesin
jurusan teknik mesin – perkuliahan dan prospek kerja

Jurusan Teknik Mesin Adalah?

sebagai mahasiswa salah satu jurusan teknik yang paling beragam dan serbaguna, mahasiswa Juruusan Teknik Mesin akan mempelajari bagaimana cara untuk analisis, merancang, mengoperasikan, mengembangkan, membuat, dan memelihara sebuah sistem mekanik atau lebih mudah kita sebut “mesin” dengan menggunakan prinsip-prinsip dasar fisika.

Insinyur mekanik biasanya terlibat dalam pembangkitan, distribusi, dan penggunaan energi; pengolahan bahan; kontrol dan otomatisasi sistem manufaktur; desain dan pengembangan mesin; dan solusi untuk masalah lingkungan.

Kenapa Harus Memilih Teknik Mesin?

  1. Semua Industri membutuhkan Insinyur Mesin. Semua Industri berkaitan erat dengan mesin, dan itulah yang membuat insinyur mesin sangat dibutuhkan.
  2. Berada di garis depan teknologi masa depan: teknik mesin berada di garis depan dalam mengembangkan teknologi baru untuk sejumlah industri termasuk transportasi, perawatan kesehatan, konstruksi, dan robotika. Sebagai lulusan teknik mesin, Anda akan memimpin proses ini.
  3. Membantu menciptakan masa depan. Disaat pekerja di bidang lain harus beradaptasi dengan teknologi baru dan perubahan lingkungan, insinyur mesin merancang dan menciptakan solusi baru untuk masalah dunia.
  4. Terkenal dengan solidaritas mahasiswa nya yang tinggi. Hal ini tidak usah diragukan lagi, kalau gk percaya coba tanyain temen kalian yang kuliah di jurusan teknik mesin.

Skill

  • Kreativitas
  • Keterampilan Matematika
  • Keterampilan Fisika
  • Keterampilan Memecahkan Masalah
  • Keterampilan Analisis
  • Detail dan Teliti
  • Dapat Bekerja Dalam Tim
  • Solidaritas Tinggi

Mata Kuliah jurusan Teknik Mesin

Seperti jurusan teknik yang lainnya, Teknik Mesin dapat diselesaikan dalam kisaran waktu 8 semester atau 4 tahun. cepat atau lambatnya kelulusan itu tergantung pada kamu sendiri ya hehe.

Beberapa mata kuliah yang diajarkan adalah Kinematika, Mekanika Fluida, CAD, Termodinamika, Elemen Mesin, Struktur dan Sifat Material, Perpindahan Panas, Manajemen Perawatan dan Kehandalan, Gambar Mesin, dan Perancangan Produk.

Prospek Kerja

Hampir seluruh industri bisa menjadi sektor pekerjaan bagi mahasiswa lulusan Jurusan  Teknik Mesin, karena dunia industri berkaitan erat dengan mesin. Sebut saja industri otomotif, manufaktur, dirgantara, ditambah lagi dengan terobosan industri seperti nanoteknologi, bioteknologi, komposit dan dinamika fluida komputasi (CFD), hal ini akan membuat prospek kerja Teknik Mesin sangatlah cerah.

Berikut adalah daftar pekerjaan yang bisa dijadikan referensi bagi calon insiyur mekanik :

Lingkungan Pekerjaan

Persebaran pekerjaan insinyur mesin adalah sebagai berikut:
Arsitektur, teknik, dan jasa terkait 20%
Manufaktur mesin 14%
Manufaktur peralatan transportasi 11%
Manufaktur komputer dan produk elektronik 7%
Jasa penelitian dan pengembangan ilmiah 6%

Insinyur mesin biasanya bekerja di kantor, dan di lapangan ketika meninjau suatu masalah atau sekedar kontrol lapangan.

Jurusan Terkait

Universitas Terbaik Jurusan Teknik Mesin

Daftar ini tidak sepenunya benar ya, sekdar referensi buat temen-temen aja.

Informasi Jurusan lain :

Leave a Comment