Jurusan Teknik Sipil – Informasi Kuliah

Jurusan Teknik Sipil – Seperti yang kita ketahui, jurusan teknik sipil adalah salah satu jurusan favorit calon mahasiswa baru. Hal ini dikarenakan kegiatan pembelajarannya yang seru dan memiliki prospek kerja yang sangat besar seiring dengan pembangunan yang marak dilakukan di seluruh dunia. Untuk lebih detailnya, simak informasi dibawah ini:

Jurusan Teknik Sipil Adalah?

Jurusan teknik sipil fokus pada desain, konstruksi, dan pemeliharaan struktur dan infrastruktur, dari gedung pencakar langit hingga terowongan, jembatan, dan bandara. Kurikulum teknik sipil mengajarkan mahasiswa tentang:

  • Membangun kembali dan meningkatkan infrastruktur kota yang memburuk
  • Membangun struktur baru yang dapat menahan bencana alam seperti gempa bumi dan angin topan
  • Mengembangkan teknologi untuk jaringan transportasi seperti kereta api dan sistem kereta bawah tanah
  • Memperbaiki dan mengembangkan air bersih dan sistem pembuangan limbah
  • Membangun sistem energi alternatif

Baca Juga : 10 Prospek Kerja Teknik Sipil dengan Gaji Yang Tinggi

Mata Kuliah Dasar Teknik Sipil

Mahasiswa Program Sarjana Teknik Sipil akan belajar minimal 4 tahun untuk selanjutnya bekerja sebagai insinyur sipil. Selama 4 tahun tersebut, mahasiswa jurusan teknik sipil akan mendapatkan materi sebagai berikut :

  • Mekanika Fluida – prinsip dinamika fluida; bagaimana cairan bertindak dalam situasi yang berbeda
  • Advanced Calculus – konsep matematika canggih yang berlaku untuk teknik sipil
  • Properti Bahan – pemeriksaan bagaimana berbagai bahan bekerja dalam kondisi tertentu seperti beban dan kompresi
  • Ekonomi Rekayasa – mempertimbangkan faktor ekonomi saat menentukan solusi teknik

Mata pelajaran untuk menunjang materi diatas adalah matematika, komputasi dan grafik komputer, kimia, fisika, mekanika struktural, hidrolik, bahan, survei, geologi, dan ekologi.

Skill yang akan Kamu Pelajari

Proses mendapatkan gelar dalam teknik sipil membuat mahasiswa dengan keterampilan lingkup sangat luas, yaitu sebagai berikut:

Teknis
Matematika dan fisika; teknik desain; bekerja dengan peta, gambar, model, dan perangkat lunak CAD

Manajemen / Kepemimpinan Proyek
Tim terkemuka; mematuhi standar dan peraturan

Komunikasi
Berinteraksi dengan klien, manajemen, dan staf

Kreativitas
Mengembangkan dan meningkatkan solusi

Berpikir Kritis / Analitik
Menganalisis secara kritis masalah kompleks

Resolusi konflik
Rekonsiliasi perbedaan di antara anggota tim

Organisasi dan Manajemen Waktu
Penjadwalan dan perencanaan yang efisien

Perhatian terhadap detail
Desain dan implementasi yang tepat

Penyelesaian masalah
Menanggapi tantangan dan masalah dengan cara yang tenang dan efisien

Visualisasi
Mengubah desain arsitektur / estetika menjadi yang fungsional

Baca Juga : 10 Alasan Kenapa Kamu Harus Memilih Teknik Sipil

Jurusan Terkait

Teknik Arsitektur
Program gelar dalam teknik arsitektur menggabungkan arsitektur dan teknik. Tujuan mereka adalah menghasilkan insinyur dengan keterampilan teknis dalam semua aspek desain dan konstruksi bangunan. Kursus, oleh karena itu, mencakup mata pelajaran seperti gambar dan desain arsitektur, konstruksi bangunan, pencahayaan dan akustik, sistem energi, dan keselamatan api.

Arsitektur
Program yang mempersiapkan siswa untuk menjadi arsitek profesional fokus pada topik seperti teori arsitektur, desain, dan sejarah; serta penyusunan dan perencanaan proyek dan lokasi.

Perencanaan Kota / Wilayah
Gelar ini sangat erat hubungannya dengan teknik sipil. Perencanaan kota, komunitas, dan regional adalah tentang menciptakan komunitas yang layak huni dan ramah lingkungan. Dalam istilah sederhana, perencana kota mengembangkan rencana penggunaan lahan dan insinyur sipil mengawasi pembangunan infrastruktur dan sistem yang membentuk rencana itu.

Drafting dan Desain Teknologi
Bidang gelar ini mengajarkan siswa untuk menggunakan program komputer untuk membuat gambar yang digunakan dalam konstruksi atau manufaktur. Di sektor arsitektur dan teknik, perancang membuat gambar yang menunjukkan spesifikasi teknis bangunan. Di bidang manufaktur, mereka menyusun gambar yang merinci bagaimana bagian-bagian harus dibuat.

Teknologi Rekayasa
Jurusan dalam studi bidang ini banyak konsep teknik dan keterampilan desain yang dipelajari jurusan teknik. Namun, fokus mereka lebih pada desain terapan dan kurang berorientasi teoretis dan matematis. Sebagai bagian dari tim teknik, teknolog mungkin terlibat dalam pengembangan dan pengujian produk atau merancang bahasa pemrograman untuk meningkatkan sistem yang dirancang oleh seorang insinyur.

Teknik Lingkungan
Cabang teknik ini berkaitan dengan pengembangan solusi untuk masalah lingkungan. Insinyur lingkungan bekerja untuk mengendalikan polusi udara dan air, meningkatkan daur ulang dan pembuangan limbah, serta meningkatkan kesehatan masyarakat.

Universitas Terbaik Jurusan Teknik Sipil

Memilih kampus adalah hal yang cukup sulit, banyak faktor yang diperhitungkan seperti, akreditasi, biaya kuliah, hingga alumni. Berikut adalah Kampus di Indonesia yang Jurusan Teknik Sipil nya sudah mendapat Akreditasi A :

Demikian Informasi tentang Jurusan Teknik Sipil yang dapat saya sampaikan. selamat membaca dan semoga artikel ini bermanfaat untuk teman-teman.

Leave a Comment