Teknik Kimia – Prospek Kerja dan Gaji

Sekilas Tentang Teknik Kimia

Insinyur Teknik Kimia merupakan kreator dari berbagai komponen kecil di kehidupan sehari-hari. Mulai dari pakaian, bahan bakar pupuk, hingga makanan yang dikonsumsi setiap hari. Secara umum, teknik kimia merupakan ilmu untuk merancang dan mengoperasikan suatu pabrik, peralatan dan proses untuk mengubah bahan baku mentah menjadi bahan baku yang memiliki nilai ekonomi yang lebih tinggi. Mahasiswa Teknik Kimia dididik untuk dapat merencanakan dan merancang alat-alat proses, mengoperasikan, mengendalikan dan memelihara pabrik dan industri, mengkontruksi pendirian suatu pabrik, mengadakan penelitian dan pengembangan proses, dan merencanakan serta memanajemen penjualan dan pelayanan.

Kenapa Harus Teknik Kimia?

Kehidupan kita sangat bergantung dengan produk yang berasal dari proses kimia. Seperti Pakaian, sabun, pupuk, dan pengolahan makanan. Selain itu dengan bidang pelajaran yang sangat luas, memungkinkan mahasiswa lulusan teknik kimia dapat mencari pekerjaan dengan mudah.

Pekerjaan atau Karir Lulusan Teknik Kimia

Bagi temen-temen yang ingin mendaftar atau sudah lulus dari Teknik Kimia, Jangan terlalu khawatir dengan pekerjaan yang akan dilakukan. Karena Prospek Kerja Teknik Kimia sangat Tinggi . Berikut adalah daftar pekerjaan dari lulusan Teknik Kimia :

1. Manajer Arsitektur dan Teknik

Manajer arsitektur dan teknik merencanakan, mengarahkan, dan mengoordinasikan kegiatan di perusahaan arsitektur dan teknik.

2. Insinyur Biomedis

Insinyur biomedis menggabungkan prinsip-prinsip teknik dengan ilmu kedokteran untuk merancang dan membuat peralatan, perangkat, sistem komputer, dan perangkat lunak yang digunakan dalam perawatan kesehatan.

3. Teknisi Kimia

Teknisi kimia menggunakan instrumen dan teknik khusus untuk membantu ahli kimia dan insinyur kimia meneliti, mengembangkan, memproduksi, dan menguji produk dan proses kimia.

4. Kimiawan dan Ilmuwan Material

Kimiawan dan ilmuwan bahan mempelajari zat pada tingkat atom dan molekul dan menganalisis cara zat berinteraksi satu sama lain. Mereka menggunakan pengetahuan mereka untuk mengembangkan produk baru dan lebih baik dan untuk menguji kualitas barang-barang manufaktur.

5. Insinyur Nuklir

Insinyur nuklir meneliti dan mengembangkan proses, instrumen, dan sistem yang digunakan untuk memperoleh manfaat dari energi nuklir dan radiasi. Banyak insinyur ini menemukan keperluan industri dan medis untuk bahan radioaktif — misalnya, dalam peralatan yang digunakan dalam diagnosis dan perawatan medis.

6. Spesialis dan Teknisi Kesehatan dan Keselamatan Kerja

Spesialis dan teknisi kesehatan dan keselamatan kerja mengumpulkan data dan menganalisis berbagai jenis lingkungan kerja dan prosedur kerja. Spesialis memeriksa tempat kerja untuk kepatuhan terhadap peraturan tentang keselamatan, kesehatan, dan lingkungan. Teknisi bekerja dengan spesialis dalam melakukan pengujian dan mengukur bahaya untuk membantu mencegah bahaya bagi pekerja, properti, lingkungan, dan masyarakat umum.

7. Teknisi Oil and Gas

Bekerja di sektor oil and gas kerap menjadi pilihan utama bagi lulusan jurusan Teknik Kimia. Beberapa saat belakangan ini bidang pekerjaan Engineering, Procurement, Construction & Commissioning (EPCC) juga cukup menarik minat lulusan jurusan ini. Selain itu, gaji yang ditawarkan oleh pekerjaan ini cukup besar.

Range Gaji

Di Indonesia, gaji dari lulusan Teknik Kimia dapat dibilang lumayan. Range Gaji nya sekitar 4-25 Juta per bulan. Gaji tersebut hanya gaji pokok ya guys, belum termasuk bonus dan lain-lain. Jadi, Semangat belajarnya ya!

Karakter Mahasiswa Yang Sesuai

Berikut adalah karakter yang harus dimiliki oleh mahasiswa Teknik Kimia :

  • Analisis Tinggi
  • Kreatif
  • Cerdik
  • Dapat Bekerja Dalam Tim
  • Suka Matematika
  • Pandai Memecahkan Masalah
  • Teliti

Akan tetapi, karakter diatas dapat kalian asah ketika melakukan studi Teknik Kimia ya guys, jadi nggak harus bawaan dari lahir hehehe.

Lingkungan Pekerjaan

Insinyur kimia memiliki sekitar 32.700 pekerjaan. Persebaran pekerjaan insinyur kimia terbesar adalah sebagai berikut:
1. Penelitian dan pengembangan dalam ilmu fisika, teknik, dan kehidupan 10%
2. Jasa rekayasa 9%
3. Manufaktur produk minyak bumi dan batubara 6%
4. Perdagangan grosir 4%
5. Industri farmasi dan obat-obatan 4%

Insinyur kimia biasanya bekerja di kantor atau laboratorium. Mereka menghabiskan waktu di pabrik industri, kilang, dan lokasi lain, di mana mereka memantau dan mengarahkan operasi atau memecahkan masalah di tempat kerja tersebut. Insinyur kimia harus dapat bekerja dengan pekerja yang merancang sistem lain dan dengan teknisi dan mekanik yang mempraktikkan desain.

Beberapa insinyur melakukan perjalanan luas ke pabrik atau tempat kerja, baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Hampir semua insinyur kimia bekerja penuh waktu. Kadang-kadang, mereka mungkin harus bekerja jam tambahan untuk memenuhi target produksi dan standar desain atau untuk memecahkan masalah dengan proses manufaktur. Sekitar 2 dari 5 insinyur kimia bekerja lebih dari 40 jam per minggu.

Prospek Kerja Teknik Kimia Kedepannya

Kebutuhan untuk menemukan bahan bakar alternatif untuk memenuhi peningkatan permintaan energi dengan tetap menjaga kelestarian lingkungan akan terus membutuhkan keahlian insinyur kimia di industri yang terkait dengan minyak dan gas. Selain itu, integrasi ilmu kimia dan biologi dan kemajuan cepat dalam inovasi akan menciptakan area baru dalam bioteknologi dan di bidang medis dan farmasi untuk mereka untuk bekerja. Dengan demikian, mereka yang memiliki latar belakang biologi akan memiliki peluang lebih baik untuk mendapatkan pekerjaan.

Universitas dengan Jurusan Teknik Kimia Terbaik di Indonesia

  1. INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG
  2. INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER
  3. UNIVERSITAS INDONESIA
  4. UNIVERSITAS GAJAH MADA
  5. UNIVERSITAS SEBELAS MARET
  6. UNIVERSITAS DIPONEGORO
  7. UNIVERSITAS SUMATERA UTARA
  8. UNIVERSITAS SRIWIJAYA
  9. UNIVERSITAS SURABAYA
  10. UNIVERSITAS SYAH KUALA
  11. UPN VETERAN JAWA TIMUR
  12. UNIVERSITAS KATHOLIK PARAHYANGAN

2 thoughts on “Teknik Kimia – Prospek Kerja dan Gaji”

Leave a Comment