Mengenal lebih dalam Teknik Kimia UNDIP

TEKNIK KIMIA UNDIP – Salah satu program studi di Universitas Diponegoro ini tergabung dalam Fakultas Teknik. Teknik Kimia merupakan salah satu program studi favorit di UNDIP selain Kedokteran. Jadi, tidak heran kalu memiliki peminat yang banyak dan passing grade cukup tinggi.

TEKNIK KIMIA UNDIP
calonmaba.com

Teknik Kimia UNDIP?

Departemen Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Diponegoro (DTKU) berdiri pada tahun 1965 dan secara resmi disyahkan oleh Pemerintah Republik Indonesia dengan SK Direktorat Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan No. 106/DIKTI/Kep/1984.  

Departemen Teknik Kimia saat ini telah berumur lebih dari 50 tahun dengan visi “Pada tahun 2020 Departemen Teknik Kimia bereputasi di tingkat nasional dan internasional” serta memiliki moto “Chemical Engineering UNDIP for better life”. Dalam perkembangannya DTKU saat ini memilik 3 Program Studi yang terdiri dari Program Studi S1 Teknik Kimia (PSTK) yang berdiri sejak tahun 1965, Program Studi Magister Teknik Kimia yang berdiri sejak tahun 2005, dan Program Studi Doktor Teknik Kimia yang berdiri sejak tahun 2014.

Kamu Harus Tau : Prospek Kerja, Lingkungan, & Gaji lulusan Teknik Kimia

Seleksi Masuk

Seleksi Masuk jurusan Teknik Kimia Undip dibagi menjadi 3 jalur, yaitu sebagai berikut :

  • SNMPTN
    • Daya Tampung 2020 : 60 mahasiswa baru
    • Portofolio : Seni Rupa, Desain, dan Karya
  • SBMPTN
  • UM UNDIP

Akreditasi Teknik Kimia UNDIP

Sejak tanggal 27 Agustus 2019, jurusan Teknik Kimia Undip sudah mendapat Akreditasi A berdasarkan keputusan nomor 3188/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2019 oleh BAN-PT. Akreditasi ini berlaku selama 5 tahun hingga 27 Agustus 2024, dan harus diperbarui oleh UNDIP tiap 5 tahun sekali agar akreditasi nya tetap A.

Selain itu, Teknik Kimia UNDIP juga sudah mendapatkan akreditasi AUN-QA atau Asean University Network-Quality Assurance. Dan juga dalam persiapan mengikuti akreditasi Internasional IABEE.

Hal ini menunjukkan bahwa jurusan Teknik Kimia UNDIP memiliki pendidikan yang layak untuk mahasiswa nya dan Kompetitif.

Informasi Akreditasi Jurusan di UNDIP lainnya

Fasilitas

Berikut adalah daftar fasilitas yang digunakan untuk mendukung kegiatan belajar mahasiswa Teknik Kimia UNDIP :

1. Laboratorium

PSTK UNDIP mempunyai 12 laboratorium yang terdiri dari 2 laboratorium Pendidikan (terdiri dari 6 laboratorium dasar) dan laboratorium keahlian (6 laboratorium). Masing-masing laboratorium mempunyai ketua dan sekretaris laboratorium sesuai dengan SK Rektor No. 021/UN7.P/KP/2017. Selain itu juga terdapat workshop/bengkel dan 11 koordinator.

2. Perpustakaan

The students of this department are able to access Diponegoro University Central Library, Engineering Faculty Library, and Departmental Library. The Departmental Library has textbooks, manuscripts, and journals to support all students and faculty members’ activities. The libraries open five days a week from 8 a.m. to 4 p.m

3. LAN/Internet

Fasilitas internet/LAN disediakan oleh Fakultas Teknik untuk mendukung transfer informasi, ilmu dan teknologi dan sistem informasi akademik. PSTK memberikan akses wifi (wireless internet connection) untuk mengakses internet/LAN yang disediakan oleh Fakultas Teknik dimana setiap mahasiswa disediakan bandwidth yang sangat mencukupi. Fasilitas komputer juga disediakan PSTK untuk para mahasiswa. Komputer diletakkan di tiga ruangan yaitu di Laboratorium Komputasi Proses (20 komputer), ruang Pelayanan Teknologi Informasi (15 komputer) dan Perpustakaan (5 komputer). Masing-masing komputer dilengkapi dengan software berlisensi (MSDNAA and Open Source). Undip juga memiliki Program STEMD (Science, Technology, Engineering, Mathematic, and Design) yang memberikan software Microsoft secara gratis.

4. Engineering-Workshop

Untuk keperluan pembuatan alat baik yang digunakan untuk kepentingan laboratorium, penelitian maupun pengabdian masyarakat, PSTK menyediakan bengkel yang dapat digunakan baik oleh dosen maupun mahasiswa. Bengkel ini juga digunakan untuk memperbaiki peralatan laboratorium yang rusak.

5. E-Journal

Diponegoro University has subscribed to several International Journal to facilitate students in working on their research and assignments.

Kriteria mahasiswa Teknik Kimia UNDIP

Apabila kalian ingin menjadi mahasiswa Teknik Kimia UNDIP kalian harus memiliki sifat-sifat berikut ini:

  • Analisis Tinggi
  • Kreatif
  • Cerdik
  • Dapat Bekerja Dalam Tim
  • Suka Matematika
  • Pandai Memecahkan Masalah
  • Teliti

. Tetapi sifat-sifat ini tidak mutlak ya guyss. tetap semangattttttt!

Baca Juga : 10 Universitas dengan jurusan Teknik Kimia Terbaik di Indonesia

Biaya Kuliah Teknik Kimia UNDIP

Biaya Kuliah atau Uang Kuliah Tunggal Teknik Kimia UNDIP jalur SNMPTN dan SBMPTN :

KategoriUKT
1500.000
21.000.000
32.500.000
43.500.000
54.500.000
66.000.000
77.500.000

SPI atau uang masuk Teknik Kimia UNDIP jalur Mandiri. SPI ini khusus untuk mahasiswa jalur mandiri ya guys, dan hanya dibayarkan sekali ketika awal masuk kuliah :

GOLONGANSPI
130.000.000
240.000.000

Kurikulum

Dikutip dari tekim.undip.ac.id, berikut adalah kurikulum yang digunakan di Teknik Kimia UNDIP :

Dalam rangka memenuhi standar sertifikasi oleh Asean University Network (AUN) dimana pembelajaran harus berbasis capaian pembelajaran, pada tahun 2012, PSTK mulai menyusun capaian pembelajaran untuk AUN yang terdiri dari 12 Expected Learning Outcomes (ELO):


1. able to apply knowledge of basic sciences and chemical engineering
2. the ability to design, conduct and analyze experiments as well as analyze and interpret data
3. able to design of an integrated system and its various components and processes, within realistic constraints such as economic, environmental, social, political, ethical, health and safety, manufacturability, and sustainability for a chemical engineering
project
4. able to identify, evaluate and solve chemical engineering problems
5. able to use modern engineering tools, skills and design techniques necessary for the practice of the chemical engineering


6. able to perform innovation in chemical engineering
7. Understand the potential impacts of engineering solutions on society and the environment
8. able to communicate effectively
9. able to function on multi-disciplinary teams to analyze and solve problems
10. understand the responsibility of chemical engineers to practice in a professional and ethical manner at all times
11. Have knowledge of contemporary issues related to chemical engineering
12. willing to have long life learning

Kurikulum PSTK Undip berbasis capaian pembelajaran telah mulai dilaksanakan pada tahun 2012, dan pada tahun 2015 telah tersertifikasi oleh Asen University Network (AUN). Perkembangan dalam bidang pendidikan yang bersifat lebih internasional adalah dengan dibukanya Program International Undergraduate Program (IUP) PSTK Undip pada Tahun Ajaran 2017/2018. Sebagai inisiasi IUP, mulai semester Genap Tahun 2015/2016 PSTK telah membuka Kelas Internasional pada beberapa mata kuliah (5-6 Mata kuliah per semester) dengan pembelajaran menggunakan Bahasa Inggris. Pada awalnya mahasiswa Kelas International diseleksi dari mahasiswa reguler yang mempunyai kemampuan akademik (IPK > 3,5) dan kemampuan Bahasa Inggris yang baik.


Perubahan dalam penyusunan silabi juga mengalami perubahan signifikan dari Kurikulum 2012 menjadi Kurikulum 2017 dimana istilah Satuan Acara Perkuliahan (SAP) diubah menjadi Rencana Pembelajaran Semester (RPS). Secara spesifik, perbedaan pada SAP dan RPS terdapat khususnya dalam capaian pembelajaran. Di dalam RPS memuat secara jelas Capaian Pembelajaran mata Kuliah dan Capaian Pembelajaran Program Studi. Kurikulum PSTK Undip 2017 diterapkan mulai Semester Gasal 2017/2018, sebagaimana telah ditetapkan dalam Keputusan Rektor Undip No. 715/UN7.P/HK/2017.


Hasil evaluasi akreditasi BAN PT terhadap PSTK Undip terakhir dilaksanakan pada tahun 2014 tanpa visitasi, sehingga tidak ada hal yang menjadi perhatian untuk perbaikan. Namun, hasil evaluasi AUN pada tahun 2015 menunjukkan beberapa poin yang telah dilakukan
perbaikan hingga saat ini, seperti contoh adanya peningkatan jumlah doktor dari semula 50% (2015) menjadi 65% (2018), peremajaan alat laboratorium, dan peningkatan kegiatan seminardan jumlah paten.

Demikian Informasi mengenai Profil Jurusan Teknik Kimia UNDIP yang dapat saya sampaikan. Semoga dapat membantu teman-teman. Apabila ada kritik dan saran dapat ditinggalkan di kolom komentar yaaaaa

Leave a Comment